resep dan teknik membuat soft Pretzel

Dear para pecinta Baking

Hari ini saya kedatangan customer untuk trial pembuatan Pretzel ke dapur saya. bahagianya bisa selalu shering bersama. ada kutipan dari beliau yang membuat saya tercengang tapi menjadi terbuka akan bisnis dunia kuliner. sedikit saya shering kutipan kata kata kami;
saya         : " Pak kenapa usahanya milih mau buka pretzel? bukannya peminat pasarnya tidak terlalu 
                    banyak" (tanya saya)
Customer : "Duh chef karena bisnis adalah kompetisi, enak banget si Aun....ann..  buka di indonesia 
                    tapi gak ada pesaing. kayaknya gak ada tantangannya klo gitu terus. dan keenakan buat 
                    dia. Nah saya buat kompetisi agar bisnis diindonesia semakin berwarna dan tidak 
                   dimonopoli " katanya
Saya         : "bisnis adalah kompetisi ya. makanan juga. dll...

begitu sedikit kutipan dari pengusaha makanan ini. dan lanjut yuk kita ke metode dan resep pratzel ala saya" :) 

PRETZEL
Hari ini saya buat original Pretzel, Cheese pretzel, White sesame seed pretzel, dan  Black sesame seed pretzel

Resepnya:
Bahan Pretzel
500 gr tepung Double zero / Beruang biru ( medium Protein)
6    gr yeast ( fermipan/ saft instan)
4    gr Garam
50 gr Gula pasir
60 gr Butter
300 gr susu fresh hangat ( Ultra, greenfield, dll)

bahan pencelupnya:
10 gr baking soda / Natrium hidroksida /sodium hydroxide
270 gr Air suhu ruang

Cara membuat:
  1. Campurkan semua bahan pretzel kecuali butter. aduk hingga 3/4 kalis. setelah itu tambahkan butter. dan diaduk kembali hingga kalis
  2. Istirahatkan adonan dengan di tutup plastik selama 1 jam di chiller
  3. Potong adonan sebesar 60 gr. dan di roll dengan panjang hingga 60 cm. istirahatkan 5 menit
  4. setelah itu di roll kembali hingga 70 cm. 
  5. kepang ujung yang satu dengan yang lainnya sebanyak 2 putaran. setelah itu diistirahatkan kembali selama 15 mnt dengan di tutup plastik.
  6. Cara Membuat bahan pencelup yaitu campur semua bahan jadi satu dan siap digunakan
  7. celupkan adonan pretzel kedalam air celupan, dan tiriskan diatas jaring " selama 1 menit. kemudian pindahkan ke loyang. beri taburan rock salt diatasnya. (karena saya gak punya rock salt saya ganti dengan garam dapur merek refina :) hehehe...)
  8. Adonan siap di baked dengan suhu 230'C api atas dan 200'C api bawah
  9. panggang selama 10-11 menit. setelah matang siap disajikan
hasil jadi 13 pcs dan 1 pcs sisa adonan
 
Tipsnya:
  • jika ingin membuat variasi topping seed ataupun keju bisa ditambahkan seperti di proses no 7.
  • perhatikan saat pembakaran posisi panas apinya
  • oven yang saya gunakan merek mayhyi yang deck
  • ada proses pengembangan saat di oven tapi hanya 1,5 kali dari bentuk semula
  • lebih enak di sajikan hangat
  • susu fresh milk bisa diganti dengan air. tapi hasilnya kurang empuk. terlalu liat
  • berubah tepung terigu nya berubah pula qty air
Ok semoga berhasil. saya tambahkan foto fotonya ya.
kiri ( natrium hidroksida) dan kanan ( soda Asahi/ garam alkali)
pretzel Cheese
Black sesame seed pretzel

White sesame seed Pretzel


Komentar

Postingan Populer